DPMD Kab.Bekasi berikan Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa Melalui Agenda Peningkatan Kapasitas

 DPMD Kab.Bekasi berikan Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa Melalui Agenda Peningkatan Kapasitas

Bekasi,  Warta Pilar –

Total 178 orang operator Siskeudes (Aplikasi Sistem Keuangan Desa) dari 151 desa di Kabupaten Bekasi mengikuti agenda peningkatan kapasitas pada 21-23 Juli 2023 dengan tema “Inovasi Modernisasi Desa Wujudkan Bekasi Makin Berani. Agenda ini merupakan keberlanjutan dari acara peningkatan kapasitas kepala desa dan ketua BPD dengan tema yang sama pada bulan lalu. Sebagai komitmen untuk pengembangan desa berkelanjutan dan lebih partisipatif, Kabupaten Bekasi secara rutin menggerakkan berbagai elemen dari desa untuk belajar bersama, bertukar inovasi, memperkuat gagasan, dan berjejaring antar desa yang bertempat di Ballroom V Hotel & Residence Bandung.

Dengan demikian, desa dapat mempunyai tata kelola, sistem, dan pelayanan yang prima untuk kemaslahatan masyarakat. Kegiatan peningkatan kapasitas aparat desa Kabupaten Bekasi ini bekerja sama dengan PT Hannan Idea Indonesia, perusahaan yang bergerak pada pengembangan aplikasi untuk desa dan juga sebagai event organizer. Kemajuan teknologi diyakini menjadi urgensi agar para perangkat desa, khususnya operator memiliki pemahaman hingga keterampilan untuk memanfaatkan pengelolaan sistem digital sebaik mungkin. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong S, S.STP, M.M pada Jumat (21/07/2023).

Nyawa desa itu ada di operator dan khususnya dalam pengelolaan Siskeudes. Harapan saya, ke depan operator dapat terus membantu keluhan-keluhan di desa dengan baik dan maksimal,” pesan Rahmat saat membuka acara secara resmi. Sementara itu, pada Sabtu (22/07/2023),

para peserta mendapatkan rangkaian materi dari berbagai narasumber berpengalaman. Di antaranya, Dr. Ivanovich Agusta, SP., M.Si., Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT; Nurdin Agustandi, SE, MM; Auditor Ahli Madya Inspektorat Daerah Kabupaten Bekasi; Zen Ali Fikri, S. Stp., M.Si., Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Bekasi; Hadian Supriatna, Kepala Desa Cibiru Wetan; dan Aris Ruhimat, Head of Sales & Marketing Desa Digital Simpeldesa-Smart Village Nusantara Telkom Indonesia.

Dengan hadirnya berbagai narasumber dari banyak latar belakang, harapannya dapat menjadi sumbangsih pengetahuan, motivasi, dan sudut pandang baru untuk kemudian melahirkan solusi-solusi inovatif bagi perkembangan desa secara umum. Peningkatan Kapasitas Operator Siskeudes Kabupaten Bekasi Tahun 2023 resmi ditutup pada Minggu (23/07/2023)”. (Ferry)

Related post