Sholat di Masjid Agung Al-Barkah, Plt Wali Kota Bekasi: Melalui Kurban Kita Bisa Membantu Sesama

 Sholat di Masjid Agung Al-Barkah, Plt Wali Kota Bekasi: Melalui Kurban Kita Bisa Membantu Sesama

BEKASI, wartapilar.com – Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto bersama istri dan keluarga serta para jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Agung Al-Barkah, Kamis (29/6/2023).

Selain menjalankan perintah Sholat Idul Adha, Tri Adhianto juga memanfaatkan momen tersebut seraya menyapa dan bersilaturahmi bersama warga sekitar yang hadir di Masjid Agung-Al Barkah. Dia pun menyampaikan makna Idul Adha.

Menurut Tri Adhianto, Hari Raya Idul Adha perlu dimaknai sebagai momentum penting untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama. Melalui kurban, Umat Muslim diajarkan untuk saling berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan.

“Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari bekurban pada perayaan Idul Adha. Tidak hanya mengajarkan kita tentang rasa syukur dan ikhlas, melainkan juga mengajarkan kita tentang nilai kepedulian sosial, karena melalui kurban yang kita salurkan sekaligus membantu sesama terutama bagi mereka yang tidak mampu,” ujar Tri Adhianto.

Selain mengajarkan tentang kepedulian, Hari Raya Idul Adha memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan antar sesama. Oleh sebab itu, Tri Adhianto mengimbau kepada para warga untuk menjaga kerukunan, toleransi dan persatuan dalam bingkai keberagaman yang harus selalu selaras dengan ajaran Agama Islam.

“Taat pada ajaran agama tentunya sebuah kewajiban bagi kita semua Umat Islam. Namun harus sejalan dengan sikap cinta Tanah Air dan bangga berbangsa Indonesia agar persatuan dan kesatuan Negara tetap terjaga, serta bersama berperan untuk mencegah perpecahan dengan menjunjung tinggi toleransi dan selalu hidup berdampingan nan harmonis dalam Bhinneka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, katanya, sekarang ini telah mendekati tahun pesta demokrasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu). Maka dari itu, Tri Adhianto juga berpesan untuk selalu ciptakan situasi yang aman dan damai agar lingkungan sekitar selalu kondusif.

“Sebagai Warga Negara Indonesia yang memiliki dan akan menyumbangkan hak pilihnya, mari bersama ciptakan pesta demokrasi yang aman, damai, dan kondusif, perteguh diri agar tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah, jaga selalu keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Usai laksanakan sholat ied, Plt Wali Kota Bekasi menyerahkan sapi secara simbolis kepada DKM Al Barkah berupa Sapi Limosin kurang lebih seberat 750 kg. Tri berharap warga masyarakat khususnya warga yang kurang mampu, dapat menerima manfaat dari perayaan Idul Adha 1444 H. (Adv/Humas)

Related post